Senin, 09 April 2018

SEJARAH KOMPUTER DARI GENERASI KE GENERASI


SEJARAH KOMPUTER DARI GENERASI KE GENERASI



Ø  Penemuan komputer

















  






  Nama charles babbage dikenal sebagai sebagai bapak komputer.nama tersebut tercantum dalam sejarah komputer sebagai penemu pertama dari tekhnologi sekarang disebut komputer.beliau merupakan seorang ahli matematika seorang inggris.kesulitan-kesulitan perhitungan menggunakan tabel matematika,memotivasi seorang charles babbege untuk membuat cara agar bisa menghitung secara mekanik dan mengurangi kesalahan yang sering terjadi pada perhitungan biasa.
      Bapak komputer ini kemudian menemukan mesin penghitung yang disebut sebagai Difference Engine pertama.setelah kepergian charles babbages  mesin difrensial temuanya dilanjutkan oleh anaknya.walaupun tidak menciptakan komputer seperti sekarang tetapi penemuan mesin tersebut menjadi salah satu bagian yang dikembangkan dalam teknologi komputer sekarang.ilmuan yang lahir tahun 1971 ini mendapatkan banyak penghargaan atas penemuan-penemuannya.


·         Komputer generasi pertama (1946-1959)
Komputer generasi pertama memang memiliki ukuran besar.daya listrik untuk menjalankan mesinya bahkan mencapai 140 kilowatt.mesin dari komputer ini juga membutuhkan ruangan yang luas hingga 167 meter persegi.

·         Komputer generasi kedua (1959-1964)
Komputer ini sudah menggunakan operasi dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi COBOL dan FORTRAN.kapasitas memori utama telah dikembangkan dari magnetic core storage.ukuran fisiknya sudah lebih kecil jika di bandingkan  dengan komputer generasi pertama.proses operasi  lebih cepat,yaitu bisa melakukan jutaan operasi perdetik.
·         Komputer generasi ketiga (1964-1970)
Komputer generasi ketiga ini mempunyai kecepatan hampir 10.000 kali lebih cepat daripada komputer generasi pertama. Kapasitas memori lebigh besar,dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter .penggunaan listrik lebih hemat,harganya lebih murah.telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
·         Komputer generasi ke empat (1970-2000an)
Komputar generasi keempat sudah menggunakan LSI (Large Scale Intregation),dan dikembangkan komputer mikroyang sudah menggunakan semiconductor dan micro processor yang berbentuk chip untuk memori komputer.komputer generasi keempat diantaranya adalah AT,IBM PS/2,APLE II,IBM PC/386,IBM PRENTIM II.
·         Komputer generasi ke lima (sekarang)
Komputer  generasi kelima ini masih menggunakan tekhnologi LSI,yang tentu saja mempunyai banyak pengembang,fitur-fiturnya yang semakin banyak dan juga pemrosesan informasi yang jauh lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar